Minggu, 08 Oktober 2017

TREND SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MASA KINI

TREND SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MASA KINI

Sistem informasi telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan terbukti sangat berperan dalam kegiatan perekonomian dan strategi penyelenggaraan pembangunan. Keberadaan sistem informasi mendukung kinerja peningkatan efisiensi, efektivitas dan produktivitas organisasi pemerintah dan dunia usaha, serta mendorong pewujudan masyarakat yang maju dan sejahtera. Dalam mendukung penyampaian suatu informasi maka dimanfaatkanlah teknologi informasi, yang menggunakan teknologi computer sebagai media utama dalam penyampaian informasi. Istilah ini sendiri merupakan perkembangan dari istilah Sistem Informasi . Semakin tinggi kualitas teknologi informasi yang digunakan maka tingkat efektfitas dan efisiensi nya semakin baik.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem: kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Informasi: data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat.
Secara umum sistem informasi adalah Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.atau Sebuah system terintegrasi atau system manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi.Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.

Tren Sistem Informasi Saat Ini

- V-net Trend Baru Isi Pulsa
Cara baru isi pulsa ini dapat mengisi pulsa dimanapun dan kapanpun online selama 24 jam ke semua operator hanya dengan sms dari HPnya sendiri. Kemudahan inilah yang membuat orang-orang memburu teknologi V-net club. Disamping kelebihan itu, Orang-orang yang bergabung bersama V-net club akan mendapatkan teknologi SMS gratis/murah ke sesama member V-net via GPRS. Dengan fasilitas ini memungkinkan member dalam sekali mengirim pesan mampu memuat hingga 1000 karakter. Fasilitas ini akan sangat berguna dan membantu bagi anda mempunyai komunitas.

- Customer Relationship Management
Customer Relationship Management (CRM) secara umum digunakan untuk membantu kegiatan di Sales, Marketing dan Customer Service. Lebih tepatnya, CRM dipakai sebagai sarana penghubung dari suatu perusahaan ke pelanggannya. Dengan melalui channel (kanal) yang dikelola dengan baik, kita bisa mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan, apa yang mereka keluhkan, bagaimana competitor bertindak terhadap produk/jasa kita, dan berbagai kegiatan sejenis. Bagaimana pengembangan dan implementasi CRM dengan menggunakan Sistem/Teknologi Informasi? Sebenarnya, dengan menggunakan aplikasi spreadsheet seperti MS Excell, OpenOffice Calc dll pun bisa dibuat CRM sederhana.

- Enterprise Information System
Suatu sistem informasi yang bisa menyatukan semua informasi yang ada di masing-masing bagian atau divisi oleh beberapa textbook, sistem informasi ini sering disebut Enterprise Information System (EIS). Hal mendasar dari EIS adalah platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi dari berbagai bagian menjadi satu (single) informasi secara lojikal, sehingga Enterprise (perusahaan/organisasi) bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Dalam hal ini, tidak hanya sekedar penggunaan teknologi jaringan misal LAN (local area network) sehingga antar divisi terhubung secara fisik tapi juga integrasi proses bisnis masing-masing divisi. Dibutuhkan juga penyatuan semua database secara lojikal, sehingga bukan hanya antar divisi tapi juga pengaksesan informasi untuk semua level di organisasi baik dari staf operasional, manajer maupun direktur.

- Apotek dengan Sistem Informasi Manajemen
Drugstore Software / Software Apotek / Perangkat Lunak Untuk Apotek dibuat untuk menangani bagian point of sales kasir dan inventori dari suatu apotek, yaitu dengan cara menyediakan kemampuan untuk menangani transaksi beli dan jual secara resep dan non resep (untuk apotek yang merangkap sebagai swalayan) yang dibayar tunai ataupun kredit. Juga untuk menyajikan laporan laporan sehingga keputusan yang diambil manajer lebih tepat sasaran. Sistem applikasi ini dirancang untuk digunakan secara mudah baik dengan keyboard dan mouse atau dengan barcode scanner sebagai alat memasukkan data. Sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

- Vi-TRACK Untuk Keamanan Mobil
Aplikasi pemantauan Vi-TRACK ini bekerja dengan menggunakan satelit GPS yang memancarkan data tentang posisi suatu objek (dalam bentuk angka, posisi, waktu, dan kecepatan) yang kemudian diterima oleh perangkat keras penerima data GPS (GPS Receiver) yang terdapat didalam Hardware unit (Vi-TRACK GTS) yang terpasang pada kendaraan.Kemudian data tersebut diproses oleh perangkat keras GPS Receiver, untuk kemudian dikirimkan ke Database Server yang telah teraplikasikan dengan sistem / software (Vi-TRACK System Monitoring) dan peta digital, dengan menggunakan sarana komunikasi GSM melalui SMS / GPRS.

- e-Learning
Marc J. Rosenberg, seorang pakar e-learning nomor satu di dunia, menyebut e-learning sebagai “the use of Internet technologies to deliver a broad array of solutions that enhance knowledge and performance”, atau“Penggunaan teknologi Internet untuk menyampaikan berbagai macam solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan kinerja”. Jadi e-learning ini mengacu pada kegiatan pembelajaran atau transfer informasi dan skill dengan menggunakan media Internet dan/atau Teknologi Informasi (TI) secara umum.Sebagian dari kita mungkin sudah pernah melakukan pencarian informasi, membaca artikel, melihat sebuah demo aplikasi, atau berpartisipasi dalam diskusi melalui internet. Secara tidak langsung apa yang telah kita lakukan tersebut merupakan sebagian kecil aktivitas-aktivitas e-learning.

- Sistem GPS
Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.

- Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini. Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute.

- Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Nasional
Telah banyak dikembangkan sistem informasi yang berbasis data perencanaan pembangunan, yang beroperasi baik di pusat maupun di daerah. Akan tetapi, harus diakui bahwa pada umumnya sistem informasi yang telah dikembangkan itu hanya menyangkut aspek tertentu dalam perencanaan pembangunan. Misalnya, Sistem Informasi Manajemen Departemen Dalam Negeri (Simdagri) dan SIM Daerah (Simda), yang penerapan pengelolaannya di daerah dilakukan oleh Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) di daerah. Contoh lain adalah yang berkaitan dengan aspek ruang, yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG), yang dikembangkan melalui proyek berbantuan luar negeri Land Resources Evaluation and Planning (LREP) dan Marine Resources Evaluation and Planning (MREP); atau sistem informasi yang menyangkut aspek lingkungan, seperti Neraca Kependudukan dan Lingkungan Hidup Daerah (NKLD) serta Neraca Sumber Daya Alam dan Spasial Daerah (NSASD) di setiap daerah.

- Jejaring Sosial
Jejaring Sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya. Contohnya: Facebook, Twitter, Friendster, dll.
Sistem Smart Card, yang dapat digunakan tenaga medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien.
Sistem Penjualan secara kredit, agar dapat memantau hutang pelanggan yang jatuh tempo.
Sistem Layanan Akademisyang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester.
Sistem POS (Point Of Sale),yang diterapkan di pasar swalayan dengan dukungan barcode reader untuk mempercepat pemasukan data.

Sistem reservasi penerbangan, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan atau pembelian tiket.

- Smart Car
Teknologi smart car atau bisa dibilang "mobil tanpa sopir" ini mulai ngetrend di akhir tahun 2015. Produsen produsen IT besar seperti Google dan Apple mulai berlomba lomba mengembangkan teknologi mobil smart car ini. Saat ini, pengembangan smart car ini sendiri sedang mencapai tahap pengujian keamanan. Mobil ini sendiri tidak akan dilengkapi dengan kemudi manual, karena navigasi akan berbekal pada maps, seperti Google Maps, jadi kita tinggal menyebutkan tujuan kita maka mobil ini akan berjalan sendiri ke tempat tujuan.

- Motion Sensor
Saat ini, beberapa vendor mulai mengembangkan teknologi motion sensor. Itu artinya minimal tahun depan, kita sudah bisa mengendalikan sistem sistem disekitar kita, seperti: tv, hp, ac, dll, hanya dengan menggerakkan tangan tanpa menyentuh benda benda tersebut.

- Robot yang Semakin Mengerti Manusia
Saat ini, perkembangan teknologi robot telah mencapai tahap yang luar biasa. Robot Asimo buatan Honda ini misalnya. Robot ini sudah bisa bergerak seperti manusia, khususnya pada tangan bagian jari. Robot ini juga sudah dilengkapi dengan voice recognizer yang membuatnya bisa berbicara dengan manusia. Nah, dengan perkembangan teknologi sensor yang semakin maju, bukan tidak mungkin robot robot akan dibuat lebih mengerti manusia. Tidak hanya menjadi pelayan toko, namun sudah bisa menjadi pelayan pribadi manusia.

- Aplikasi Berbagi Uang
Saat ini proses pertukaran uang tidak lagi manual. Dengan adanya e-banking bertukar uang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 2 menit. Pengguna snapchat akan memiliki fitur untuk berbagi uang di antara penggunanya.

- Everything via Smartphone
Tidak hanya developer aplikasi di luar negeri, para developer aplikasi dalam negeri juga mulai menunjukkan perkembangan yang bagus. Maka nanti akan banyak kebutuhan kebutuhan kita yang bisa dipenuhi hanya semudah menekan sebuah tombol di smartphone. Gojek, Saytaxi, Ubber dll adalah beberapa contoh kemudahan pemesanan angkutan umum hanya lewat smartphone. Juga di dukung dengan koneksi internet yang makin cepat.

- Be My Eyes di Android
Be My Eyes adalah aplikasi untuk membantu orang yang buta untuk dapat 'melihat' apa yang ada disekitarnya melalui aplikasi ini. Cara kerjanya adalah orang yang buta dan ingin mengetahui barang/tulisan apa yang ada di depannya maka dia tinggal mengambil video barang/tulisan itu dengan aplikasi ini. Nah aplikasi ini terhubung dengan orang yang bisa membantu untuk melihat apa yang ada di depan orang yang buta melalui video.

- Fast Charging
Charging saat ini dianggap sebagai hal yang menghabiskan waktu. Waktu charging yang lama, membuat kita harus menunggu beberapa jam untuk menggunakan smartphone yang sedang kehabisan baterai. Maka, di tahun ini sedang dikembangkan teknologi fast charging yang memungkinkan batrai bisa diisi penuh hanya dalam puluhan bahkan belasan menit saja.

- 3D Printer
Saat ini 3D printer memang sudah dikembangkan bahkan sudah mulai dipasarkan. Namun, untuk saat ini 3D printer masih sangat mahal dan sulit untuk dijangkau kalangan menengah. Pemasarannya juga masih terbatas hanya di beberapa negara saja. para pengembang teknologi 3D printer akan membuat alat ini semakin mudah dijangkau, baik secara pemasaran maupun secara harga.

- Virtual Reality
Teknologi virtual reality adalah teknologi yang membuat kita seolah olah sedang ada di dunia game. Teknologi ini sendiri sudah mulai dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya.

- Hololens

Saat ini Microsoft tengah mengembangkan teknologi hololens. Hololens merupakan kebalikan dari virtual reality. Kalau virtual reality membawa kita ke dunia imajinasi, maka hololens membawa imajinasi ke dunia nyata. Dengan hololens, maka sesuatu yang dulunya hanya tampil di layar kini seolah olah akan ada melayang layang disekitar kita. Kita bisa menonton film dengan duduk biasa dan memakai hololens tanpa perlu memiliki layar/monitor.

1 komentar:

  1. izin berkomentar
    terima kasih kepada penulis informasi nya sangat bermanfaat dan membantu.
    Nama saya Misbah Qolbi Safitri dari ISB Atma Luhur
    https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus